Kerjasama Prodi Manajemen dengan IUKL dan UiTM MARA

Kualalumpur, 7 November 2014. Dengan membawa rombongan berjumlah 10 orang, tim prodi manajemen FE UNY melakukan lawatan balasan ke Infrastuctur University Kuala Lumpur dan Arsyad Ayyub Graduate Business School UiTM. Diterima oleh tim AAGBS, tim manajemen yang dipimpin Setyabudi Indartono, Ph.D mengungkapkan rasa terimakasih atas kunjungan Dosen dan mahasiswa mahasiswa master Arsyad Ayyub Graduate Business School yang dipimpin oleh Dr. Noorzanah Mat Nor sebelumnya. Walaupun tidak dibersamai oleh Dekan yang sedang mengikuti meeting AACBS di Tokyo, kunjungan balasan ini diterima oleh beberapa pejabat dan profesor AAGBS. Setelah saling mengenalkan masing-masing institusi, berbagai tawaran kerjasama riset dan faculty exchange dari duapihak direspon sangat positif. Sebagaimana tawaran kerjasama riset Dr. Siti Zaleha Sahak yang diantaranya mengajukan tema wakaf sebagai bahan riset dan kajian. Demikian pula Dr. Islail B Ahmad yang memberikan tawaran riset keuangan syariah. Kerjasama ditindaklanjuti oleh Dr. Noorzanah yang mengajukan joint paper yang bisa diajukan ke seminar internasional di Ho chi min tahun 2015. Tawaran studi program doktoral kepada beberapa dosen FE UNY juga tersampaikan dengan beberap topik yang diharap menarik untuk bahas riset dan disertasi

Kunjungan balasan ke IUKL diterima langsung oleh vice presiden bidang akademik Prof. Dr. Christiantine Della dan jajarannya yaitu Dr, Kamaljeet Kaur kepala pasca sarjana, Haji Md Mokhtar Md Piah (Registrar), Abdul Rahaman bin Zakaria (Deputy Registrar), Putri Fettisia Kaseger, MSc, Dr. Selomoney, dan beberapa staf lain. Prof. Dr. Christiantine mengenalkan institusinya sebagai entitas multi etnis yang berhasil mengembangkan dunia akademik di Malaysia. Beliau juga menjelaskan bahwa dunia akademik yang dikelolanya telah bekerjasama dengan baik dengan dunia Industri, baik di dalam maupun di luar negeri. Tim Manajemen FE UNY cukup tertarik dengan IUKL karena keunggulan pembelajaran yang mengunggulkan sarana teknologi informasi. Oleh karena itu diharapkan kerjasama produktif bisa ditindaklanjuti dibidang-bidang tersebut. Hal ini akan segera ditindaklanjuti dengan program sit in mahasiswa manajemen dan ekonomu UNY di akhir bulan November 2014 yang akan dipimpin oleh ketua humas FE UNY, Lina Nurhidayati, MM. Demikian juga disepakati credit exchange bagi mahasiswa kedua institusi ini. Setelah diskusi berbagai tawaran kerjasama antar dua institusi, pihak IUKL mengenalkan mahasiswa IUKL yang berasal dari Indonesia. Ada sekitar 45 mahasiswa aktif Indonesia yang belajar di IUKL. Bahkan Putri Fettisia Kaseger, MSc merupakan salah satu dosen IUKL yang berasal dari Indonesia.

Kunjungan balasan ini diharapkan bisa ditindaklanjuti secara produktif oleh kedua pihak. Sebagaimana telah dirancang oleh prodi manajemen UNY bahwa setiap mahasiswa manajemen UNY telah di jadwalkan untuk mengikuti minimal sit ini di universitas di luar negeri. Untuk itu MoU atau minimal MoA bisa disepakati segara antar UNY dan IUKL, dan UNY dan MARA University. Delegasi prodi Manajemen FE UNY terdiri dari: Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., MM (Wakil dekan bagian Akademik Fakultas Ekonomi), Prof. Dr. Nahiyah Jaidi Faras, M.Pd (Ketua Senat Fakultas Ekonomi), Setyabudi Indartono, Ph.D (Ketua Jurusan), Penny Rahmawaty (Sekretaris Jurusan), Drs. Tjiptadi, MM, M. Lies Endarwati, MSi., Agung Utama, MSi, Naning Margasari, M.Si, Arum Darmawati, MM., dan Lina Nurhidayati, MM (Humas Fakultas Ekonomi).