Sit in gelombang 3 mahasiswa manajemen tahun 2014

Kualalumpur 28 November 2014, Dalam rangka internasionalisasi program studi, Jurusan Manajemen dan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi (FE) UNY mengirimkan lima belas orang mahasiswa untuk mengikuti program sit-in di Infrastucture University Kuala Lumpur (IUKL) pada 27-28 November 2014. Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini menurut Kiromim Baroroh, dosen pembimbing yang mengukuti kegiatan ini ialah, “Mahasiswa akan memperoleh pengalaman kuliah di universitas lain di luar negeri. Mereka akan merasakan bagaimana rasanya berkuliah dengan atmosfer internasional dan tentu saja berinteraksi dengan teman-teman sesama mahasiswa dari berbagai negara,“ ungkap Kiromim.

Menurut Setyabudi Indartono, Ph.D, selaku Ketua Jurusan Manajemen, “Kegiatan sit-in semacam ini akan dirancang untuk bisa dilaksanakan setiap tahun, agar mahasiswa FE UNY mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dari dosen asing. Tidak hanya teori perkuliahan saja yang didapatkan, namun kegiatan ini juga mendorong mahasiswa untuk mempersiapkan diri agar bisa berinteraksi dengan mahasiswa dari negara lain”, ujar Setyabudi.  

Selama dua hari mengikuti kegiatan sit-in di IUKL, mahasiswa FE UNY terlibat dalam berbagai kegiatan. Kegiatan sit in perkuliahan dilaksanakan pada tanggal 27 November. Mata kuliah yang diikuti oleh peserta adalah mata kuliah Micro Economics, Investment Analysis dan Perspectives on Management. Selain mengikuti kegiatan perkuliahan peserta juga mengikuti sharing session dengan dosen dan mahasiswa IUKL. Pada sharing session peserta dapat menanyakan semua hal yang ingin diketahui tentang IUKL, termasuk kegiatan kemahasiswaan. Pada malam harinya peserta juga mengikuti Cultural Night yang diikuti oleh mahasiswa Indonesia/mahasiswa asing IUKL dan menampilkan kebudayaan dari berbagai negara. Beberapa kebudayaan yang ditampilkan ialah dari Indonesia, Malaysia maupun beberapa negara lain seperti China dan India. Di hari kedua, 28 November 2014 peserta mengikuti Industrial Visit ke Perusahaan Benang di Nilai, Negeri Sembilan. Disana peserta dapat melihat proses produksi yang dilakukan perusahaan dan mendapatkan kesempatan untuk sharing dengan manajer serta pemilik perusahaan. Banyak di antara mahasiswa IUKL merupakan pelajar Indonesia, sehingga rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia terasa sangat kental.  TIdak hanya lagu dan tarian daerah Indonesia yang ditampilkan namun juga beberapa tarian dari negara lain. Mahasiswa manajemen yang mengikuti kegiatan ini adalah Novita Sari, Adin Gustina, Bernia Chandra Permata,Wibi Aqlia Ramadhan,  Widya Akhadiyah, dan A’thinih Sufiyati. Mereka adalah mahasiswa angkatan 2011, 2012 dan 2013.

Senada dengan dosen pembimbing, Adin Gustina, mahasiswa Jurusan Manajemen FE UNY yang menjadi salah seorang peserta mengatakan, “Kegiatan ini memberikan pengalaman yang berharga bagi kami, dan semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik bagi kerjasama UNY dan IUKL untuk dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengikuti sit-in di luar negeri”. (lina)