Kuliah Luring dan Bimbingan Teknis Penulisan Tugas Akhir bagi Mahasiswa Rekognisi pembelajaran Lampau (RPL)-Desa, di Kabupaten Bojonegoro

Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNY pada tanggal 24 -25 Febuari 2023 melaksanakan kuliah luring dan bimbingan Teknis Penulisan Tugas Akhir bagi Mahasiswa Rekognisi pembelajaran Lampau (RPL)-Desa, di Kabupaten Bojonegoro. Sebelumnya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Universitas Negeri Yogyakarta bekerja sama dalam program kelas Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa. Melalui program ini para perangkat desa dari Bojonegoro diberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan akademis mereka melalui perkuliahan di Departemen Manajemen FEB UNY. Kegiatan perkuliahan Luring dan bimbingan teknis ini diadakan di Smart Building Pusdiklat BKPP Kabupaten Bojonegoro serta diikuti oleh 115 mahasiswa dari berbagai pelosok Bojonegoro. Pada perkuliahan ini mahasiswa RPL terbagi menjadi tiga kelas dan telah mengikuti perkuliahan online selama 3 semester.

Kegiatan perkuliahan luring ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bojonegoro, Bapak Macmuddin, AP., MM, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Umum dan Sumber Daya, Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha, Wakil Dekan Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi, dan Usaha serta bapak ibu dosen pengajar kelas RPL Departemen Manajemen FEB UNY. Kegiatan perkuliahan ini dibagi menjadi dua hari, kegiatan di hari pertama diisi perkuliahan umum oleh tiga dosen yakni Bapak Dinar Ari Prasetyo, M.B.A. memberikan materi tentang Pengembangan dan Pelatihan SDM, Bapak Ariya Tetuka Puspayuda, M.B.A. dengan materi mengenai Sistem Informasi Manajemen dan terakhir Ibu Nindya Nursiwati Laili, M.Sc. mengenai Manajemen Stratejik. Pada pertemuan di hari kedua kegiatan difokuskan pada persiapan Tugas Akhir serta motivasi perkuliahan. Pada pertemuan ini Prof. Setyabudi Indartono, M.M., Ph.D. selaku Wakil Dekan RKSIU serta Plt. Kepala Departemen Manajemen memberikan pemaparan terkait penyusunan tugas akhir untuk kelas RPL. Dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Ibu M. Lies Endarwati, SE., M.Si. yang membantu meningkatkan semangat para mahasiswa RPL dalam mengembangkan potensi diri melalui perkuliahan di Departemen Manajemen FEB UNY. Melalui program ini diharapkan Departemen Manajemen FEB UNY dapat berkontribusi dalam pengembangan Sumberdaya Manusia serta pengembangan wilayah di Bojonegoro agar menjadi lebih baik.