Pak Andreas Pimpin Sit In Angkatan ke-4

Karangmalang, 9 Mei 2015. Program sit in dari jurusan manajemen FE UNY pada tahun ke-4 kembali di selenggarakan. Sebelas mahasiswa dan satu dosen yaitu Bp. Andreas Kuncoro M., Ph.D diberangkatkan menuju Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) pada hari Jumat, 1 Mei 2015. Program sit in yang diselenggarakan jurusan itu sendiri merupakan  program study mandiri dimana segala agenda kegiatan dan teknis selama disana disusun oleh mahasiswa. Kedatangan rombongan dari manajemen FE UNY disambut hangat oleh pihak UKM dengan pembimbing sejumlah mahasiswa S2 jurusan manajemen UKM.

Kelas pertama yang diikuti, diisi oleh Dr. Hamidah sebagai pembicara. Beliau adalah Vice Dean of Faculty of Education Universiti Kebangsaan Malaysia dan merupakan salah satu dosen pengajar yang pada kesempatan tersebut memberikan materi “English Business”. Dikarenakan pada saat itu Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) sedang libur waisak, maka kegiatan Grand Tour UKM dibatalkan dan digantikan dengan makan bersama dengan mahasiswa S2 dan PPI (Pelajar Indonesia).

Pada hari kedua, Assoc. Prof. Dr. Dorris Padmini Selvaratnam, salah satu dosen di Faculty of Economic and Management UKM menjadi pembicara dengan materinya yang berjudul “Qualitative Research and Sociopreneur” dimana materi tersebut berisi penjelasan bagaimana memulai dan mengembangkan sebuah penelitian kualitatif.  Dr. Dorris juga mempresentasikan bahwa beliau bekerja sama dengan dosen dari UNY yaitu Ibu Nahiyah tentang program Sociopreneur yang sedang mereka kembangkan. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari Pusat Pembangunan Keusahawanandan EKS (CESMED) yaitu lembaga yang memberikan pendidikan dan pelatihan kepada wirausahawan  sehingga mampu bersaing dengan perusahaan besar. Di UNY, CESMED ini sama seperti program inkubator UKM yang diprakarsai oleh Bu Nahiyah.

Pada hari ketiga, kami kembali bertemu dengan Assoc. Prof. Dr. Dorris Padmini Selvaratnam yang memberikan materi tentang Social Entrepreneurship. Pada kelas kali ini, Beliau lebih banyak bercerita tentang Social Business in Batu Gajah. Perkuliahan hari ketiga ditutup dengan diskusi bersamai Dr. Ivan Lanovara yang merupakan orang Indonesia asli, dimana beliau bercerita tentang asam garam berkuliah di negeri jiran, Malaysia. Dari diskusi kami ini, kami saling sharing apa yang menjadi hakikat mahasiswa Indonesia khususnya manajemen FE UNY, dan bersama-sama memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi. Sebelum kami kembali ke hostel, kami diajak berkeliling Perpustakan Tun Seri Lanang UKM. Perpustakannya sangat luas, dan koleksi buku, serta jurnal sangat lengkap disini. Pengelolahan perpustakaan disini, sangat baik menurut kami, karena mereka mengelompokkan setiap buku, jurnal, skripsi, tesis dan arsip penelitian di ruangan yang berbeda-beda. Sangat mengagumkan dan nyaman.

Dengan kegiatan sit in ini, kami belajar kerjasama tim dan mengetahui bagaimana kondisi lingkungan kampus, interaksi antar mahasiswa,  dan fasilitas-fasilitas yang diberikan Universitas dalam mendukung proses belajar mahasiswa. Sehingga, untuk ke depannya diharapkan mahasiswa dapat membawa perubahaan postif untuk dirinya dalam hal belajar dan dapat memberikan kritik serta saran yang membangun untuk Fakultas Ekonomi dan Universitas Negeri Yogyakarta.