Leadership for future

Kaliurang, 29 September 2014. Serangkaian acara penyambutan mahasiswa baru Manajemen setelah masa orientasi kampus ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen. Kegiatan leadership ini bertujuan  untuk meningkatkan rasa bangga (peserta) telah tergabung menjadi mahasiswa Manajemen UNY, serta menjalin silaturahmi dengan keluarga besar Jurusan Manajemen UNY. Yang dihadiri oleh pejabat – pejabat jurusan Manajemen UNY, Bapak Setyabudi Indartono (Kajur Manajemen), Ibu Arum Darmawati (Pembimbing Kemahasiswaan Manajemen), serta Bapak Arief dan Bapak Andreas (Dosen Jurusan Manajemen).

Kegiatan yang diselenggarakan di kawasan wisata kaliurang (Wisma Sejahtera 3) ini berlangsung selama dua hari (27-28/09). Seruan jargon acara “Makrabarata!, Manajemen akrab, penuh cerita” mengawali sambutan koordinator acara (Aprilia Indah, Staff HRD.  Hima Manajemen 2014), ketua Hima Manajemen 2014 (Urza Aurora Dwi Rumpoko),dan selanjutnya dibuka sekaligus menjadi pemateri pertama oleh Ketua Jurusan Manajemen (Bapak Seyabudi Indartono). “sesuai dengan jargon kita ‘manajemen akrab penuh cerita’, saya berharap kita semua bisa menikmati malam keakraban ini dan menghasilkan kesan yang baik untuk menjalin tali kekeluargaan di keluarga besar manajemen”, harapan yang diucapkan oleh Aprilia Indah.

Acara mengenal lebih dekat dengan petinggi jurusan berlangsung di aula wisma dengan antusias peserta yang membuat panitia dan para dosen terkagum. Ungkapan dan pertanyaan terkait dengan pembelajaran di jurusan manajemen sampai pada informasi tentang beasiswa pun mereka ajukan. Hal ini disambut baik oleh Bapak Setyabudi dan Ibu Arum sebagai pemateri. Peserta pun tak kalah senang bisa berbincang – bincang dengan keempat dosen jurusan manajemen tersebut.

Acara tak usai di aula saja, di pelataran wisma, panitia telah menyiapkan api unggun untuk mereka. Acara pentas seni pun dimulai. Seluruh peserta yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok saat teknikal meeting siap menampilkan kebolehannya. Mulai dari drama musikal, drama komedi, akustik dan masih banyak lagi. Semua bersenang – senang, peserta, panitia dan dosen saling berbincang seru. Sampai bara api terakhir yang berpijar dan waktu yang sudah larut malam, akhirnya acara disudahi dan semua kembali ke kamar masing – masing yang telah ditentukan.

Keesokan harinya, seluruh peserta dan panitia melakukan sholat berjamaah diimami oleh Bapak Setyabudi dan dilanjutkan dengan kajian subuh. “tak ada gunanya memiliki kemampuan akademik yang tinggi bila tak memiliki spiritual yang baik. Di dunia ini bukan hanya mengejar materi tapi juga mengejar ridho Allah. Jangan menunda apalagi meninggalkan sholat. Hal ini menjadi penting karena Visi UNY memuat ketakwaan sebagai salah satu indikator kualitas civitas UNY. Disamping itu untuk mencapai cita-cita prodi S1 Manajeman yaitu menjadi program studi unggul di tahun 2025 yang menghasilkan lulusan yang profesional di bidang ilmu manajemen, yang memperhatikan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan tuntutan global berdasarkan nilai-nilai ketakwaan, berjiwa entrepreneur, serta bersikap kritis dan inovatif terhadap berbagai persoalan manajemen; maka segala terobotas inovasi dalam pembelajaran di prodi harus terus ditingkatkan dan didukung oleh seluruh civitas termasuk mahasiswa”, nasehat Bapak Setyabudi. Seusai kajian subuh, peserta diajak senam bersama dan dilanjutkan dengan outbond yang seru mengelilingi daerah di sekitar wisma, kawasan kaliurang. Hingga pada akhirnya mereka kembali ke wisma untuk bersiap mengikuti acara selanjutnya (pengenalan wirausaha dari sekelompok mahasiswa manajemen) dari produk kripik bayam Bobeye.

Kegiatan leadership ini diakhiri dengan pebagian hadiah dan kado silang serta pelantikan ketua angkatan mahasiswa manjemen angkatan 2014 (Nico).  Kami himpunan mahasiswa manajemen berharap dengan diadakannya kegiatan Leadersip of Management ini dapat meningkatkan rasa bangga, saling peduli, dan memiliki rasa tanggung jawab dari seluruh mahasiswa manajemen terhadap jurusannya. Serta, kami berharap kegiatan tahun depan akan lebih baik dari kegiatan tahun ini. (himaman public relation)